Sistematika
Karya Ilmiah adalah cara penysunan dan penulisan suatu Karya Ilmiah
dengan baik dan benar atau bisa disebut juga dengan penulisan dan
penyususunan yang sesuai dengan aturan.
Berikut contoh dan penjelasan dari beberapa jenis karangan ilmiah.
a) Sistematika Penulisan Makalah
Cara penulisan makalah sama seperti cara penyusunan tulisan lainnya , yaitu memiliki bagian awal, isi/inti , dan akhir.
Pada bagian awal makalah terdiri dari beberapa unsur sebagai berikut :
a) Lembar judul/ Sampul
Di bagian ini dituliskan judul makalah, maksud makalah, nama penyusun,
nama fakultas dan perguruan tinggi, seta tahun ajaran.
b) Kata pengantar
Kata
Pengantar adalah kata-kata penulis yang berisi ucapan syukur dan
terimakasih kepada semua pihak yang telah membatu dalam penyusunan karya
tulis ilmiah.
c) Daftar isi
Bagian ini berisi gambaran garis besar beserta poin-poin penting dari
isi makalah yang disusun, dengan demikan pembaca akan lebih mudah
memahami isi dari makalah yang disusun.
d) Daftar lampiran (jika ada)
Berisi informasi tambahan dari makalah yang kita susun, lampiran ini
tidak harus mutlak ada dalam suatu makalah, hanya di tampilkan jika
memang harus ada data yang ditampilkan. Bentuk lampiran yang bisa di
tampilkan bisa berupa tabel data ataupun sebuah gambar yang menambah
keterangan tertentu pda sebuah makalah.
b) Bagian Isi
a) Pendahuluan
Pada
bagian ini dikemukakan latar belakang (mengapa topik tersebut perlu
ditulis), rumusan masalah, tujuan dan manfaat tulisan anda bagi pembaca.
Pada bagian ini di tonjolkan bagian kajian teoritis mengenai beberapa
masalah yang melatarbelakangi terjadinya penyusunan makalah tersebut.
Namun paparan yang ditampikan tidak bersifat pribadi. Paparan teori
tersebut harus berdasar teori yang sudah ada atau sudah diketahui oleh
kalangan umum, dan diharapkan apa yang di paparkan akan membawa dan
mengatarkan pembaca pada topik yang akan di bahas.
b) Pembahasan / Analisis
Bahasan
dan analisis adalah murni bahasa dari Anda. Segala bentuk sumber /
referensi wajib dicantumkan pada dua bagian makalah, yaitu: bagian yang
dikutip di bab Pembahasan, dan bab Daftar Referensi
c) Bagian Penutup
Bagian ini biasanya berupa saran dan kesimpulan. Dan penulisannya berdasar pada Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).
a) Simpulan dan Saran
Bagian ini mencakup simpulan, serta saran, dan mengungkapkan secara jelas kepada siapa saran tersebut ditujukan.
d. Daftar Referensi
Bagian ini memuat sumber referensi untuk penulisan makalah, baik dari buku, majalah, artikel ilmiah, dan website.
Contoh :
JUDUL/SAMPUL
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I : PENDAHULUAN
1.1. LATAR BELAKANG
1.2. TUJUAN
BAB II : PEMBAHASAN
BAB III : PENUTUP
4.1. SARAN
4.2. KESIMPULAN
DAFTAR PUSTAKA
2 Sistematika Penulisan Skripsi
A. Bagian Awal
a) Halaman Judul Tugas Akhir atau Skripsi
Meliputi
informasi Judul Tugas Akhir atau Skripsi, Subjudul : Studi kasus atau
Studi Literatur, tulisan : ”Tugas Akhir” atau “Skripsi”, Nama dan NPM
mahasiswa, Logo institusi, Nama institusi, Jurusan, Program Studi dan
tahun (seperti contoh pada lampiran)
b) Lembar pengesahan
untuk pengesahan laporan Tugas Akhir atau Skripsi oleh ketua Jurusan dan dosen pembimbing.
c) Abstrak
Abstrak
adalah suatu sinopsis yang menggambarkan isi keseluruhan laporan Tugas
Akhir atau Skripsi yang meliputi minimal empat paragraf. Paragraf
pertama berisi tema pokok atau uraian singkat topik Tugas Akhir atau
Skripsi. Paragraf kedua berisi batasan tema pokok dan alasannya.
Paragraf ketiga berisi Metoda atau Teknik yang dipakai dalam Tugas Akhir
atau Skripsi. Paragraf keempat berisi hasil yang telah dicapai dalam
Tugas Akhir atau Skripsi serta kesimpulan sementara. Abstrak ditulis
dalam satu spasi.
d) Kata Pengantar
Berisi
pernyataan penghargaan penulis kepada dosen pembimbing, dosen penguji,
dosen-dosen lain yang terlibat dan pihak-pihak yang berjasa dalam
penyelesaian penulisan Tugas Akhir atau Skripsi selain pihak keluarga
e) Daftar isi
Sesuai urutan penulisan mulai dari abstrak sampai lampiran
f) Daftar gambar, tabel dan simbol (jika ada)
B) Bagian Inti
a) Bab I. Pendahuluan:
Berisi
latar belakang, identifikasi dan batasan masalah, maksud dan tujuan,
metodologi, waktu dan lokasi penelitian dan sistematika penulisan.
b) Bab II. Landasan Teori
Berisi
teori dasar yang mendukung penulisan Tugas Akhir atau Skripsi, mencakup
metoda atau teknik yang digunakan, teori tentang permasalahan, uraian
singkat perangkat implementasi yang dipakai, dan kerangka penyelesaian
masalah. Contoh : Definisi SI yang sudah umum tidak perlu disertakan
c) Bab III. Analisis Kebutuhan
Berisi
penjelasan tentang hasil pendefinisian kebutuhan dari permasalahan yang
dijadikan topik Tugas Akhir atau Skripsi berikut pemodelannya.
Contoh:
Untuk pengembangan program aplikasi sistem informasi :
a) uraian singkat sejarah, struktur organisasi, fungsi unit organisasi
b) prosedur pelaksanaan pekerjaan dari permasalahan
c) uraian
hasil analisis kebutuhan sistem informasi, meliputi: deskripsi
kebutuhan informasi, deskripsi kebutuhan fungsional, dan pemodelan
kebutuhan fungsional, (DFD, DD, dan P-Spec).
d) Bab IV. Perancangan
Berisi penjelasan tentang hasil perancangan berikut pemodelannya.
Contoh:
Untuk pengembangan program aplikasi sistem informasi
a. perancangan perangkat lunak meliputi arsitektur dan algoritma program.
b. perancangan antar muka perangkat lunak, meliputi struktur menu, tata letak layar, dan tata letak dokumen keluaran.
c. perancangan basisdata meliputi diagram E-R, struktur tabel, dan relasi antar tabel.
e) Bab V. Implementasi (D3) atau Implementasi dan Pengujian (S1)
Berisi
penjelasan tentang pelaksanaan implementasi berdasarkan pada hasil
perancangan. (D3) dan pengujian program aplikasi atau kinerja SI (S1)
Contoh:
Untuk pengembangan program aplikasi sistem informasi (D3):
a. lingkungan
implementasi, meliputi penjelasan tentang perangkat keras, platform
sistem operasi dan basis data, serta bahasa pemrograman yang digunakan.
b. batasan implementasi
c. implementasi modul program
d. implementasi antarmuka
e. implementasi basis data
f. kasus uji dan tabel hasil pengujian (S1)
f) Bab VI. Kesimpulan dan Saran
Berisi
kesimpulan (hasil yang berhasil diselesaikan sesuai ruang lingkup
batasan masalah) dan saran (terhadap masalah yang belum terselesaikan
sebagai pengembangan dan perbaikan-perbaikan) tentang kasus Tugas Akhir
atau Skripsi
g) Bagian Akhir
a. Daftar pustaka : Urutan buku atau informasi situs Internet atau sumber lain,
b. Lampiran-lampiran, sesuai kasus Tugas Akhir./ Skripsi
CONTOH :
Judul : ” Perancangan Sistem Informasi Penjualan Tunai Di PT. Niaga Umul Quro Bandung menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0 ”
Sistematika Penulisan Tugas Akhir atau SKRIPSI
ABSTRAK
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR TABEL
BAB I. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
1.2 Identifikasi Masalah
1.3 Batasan Masalah
1.4 Maksud dan Tujuan
1.4.1 Maksud
1.4.2 Tujuan
1.5 Metodologi
1.5.1 Metodologi Pengumpulan Data
1.5.2 Metodologi Pengembangan Sistem
1.6 Lokasi dan Waktu Penelitian
1.6.1 Lokasi Penelitian
1.6.2 Waktu Penelitian
1.7 Sistematika Penulisan
BAB II. LANDASAN TEORI
2.1 Analisis dan Perancangan Sistem Informasi
2.1.1 Pengertian
2.1.2 Teknik Analisis dan Perancangan Sistem Informasi
2.1.3 Perangkat Analisis dan Perancangan Sistem Informasi
2.2 Teori tentang masalah yg dibahas
2.2.1 Sistem Penjualan
2.2.1.1 Pengertian
2.2.1.2 Macam-macam Penjualan
2.3 Perangkat Implementasi Sistem
2.3.1 Uraian singkat Bahasa Pemrograman Visual Basic 6.0
2.3.2 Pemrograman Client Server dengan Visual Basic 6.0
BAB III. ANALISIS KEBUTUHAN
3.1 Tinjauan Organisasi
3.1.1 Sejarah singkat Organisasi
3.1.2 Struktur Organisasi dan Uraian Tugas
3.2 Analisis Sistem ( Sistem berjalan/lama )
3.2.1 Prosedur Kerja Sistem Penjualan
3.2.2 Identifikasi Dokumen
3.2.2.1 Dokumen Masukan
3.2.2.2. Dokumen Keluaran
3.2.3 Identifikasi Kebutuhan Pemakai ( Kebutuhan akan Sistem rancangan baru, Kemampuan akan sistem yang akan dibuat. )
3.3 Analisis Kebutuhan Sistem ( Sistem rancangan yg baru )
3.3.1 Kebutuhan Informasi
3.3.2 Kebutuhan Aplikasi
3.3.3 Kebutuhan Perangkat Keras
3.4 Analisis Kebutuhan Perangkat Lunak ( Sistem rancangan yg baru )
3.4.1 Kebutuhan Fungsional Perangkat Lunak
3.4.2 Pemodelan Kebutuhan Fungsional
3.4.2.1 Diagram Konteks
3.4.2.2 Diagram Alir Data
3.4.2.3 Kamus Data
3.4.2.4 Spesifikasi Proses
3.4.3 Pemodelan Data Konseptual
3.5 Kriteria dan Batasan sistem ( Sistem rancangan yg baru )*optional
BAB IV. PERANCANGAN
4.1 Usulan Struktur Organisasi yg baru ( Bila ada )
4.2 Perancangan Sistem Informasi
4.2.1 Perancangan Prosedur Kerja Sistem Baru
4.3 Perancangan Perangkat Keras
4.3.1 Arsitektur Konfigurasi Perangkat keras
4.3.2 Spesifikasi Perangkat Keras
4.3.3 Spesifikasi Perangkat Lunak
4.4 Perancangan Basis Data
4.4.1 Keterhubungan Antar Tabel
4.4.2 Deskripsi Tabel
4.5 Perancangan Perangkat Lunak
4.5.1 Arsitektur Perangkat Lunak
4.5.2 Antar Muka Pemakai
4.5.3 Algoritma Program
BAB V. IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN
5.1 Lingkungan Implementasi
5.1.1 Perangkat Keras
5.1.2 Perangkat Lunak
5.2 Hasil Implementasi
5.2.1 Implementasi Basis Data
5.2.2 Implementasi Modul Program
5.2.3 Implementasi Antar Muka Pemakai
5.3 Lingkungan Pengujian
5.3.1 Perangakat Keras
5.3.2 Perangkat Lunak
5.4 Pelaksanaan Pengujian
BAB VI. KESIMPULAN DAN SARAN
6.1 Kesimpulan
6.2 Saran
DAFTAR PUSTAKA DAN REFERENSI
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar